Tips Terhindar dari Pinjaman online Ilegal

 

Pinjaman online bagaikan bunga mawar terlihat sangat indah di pandang mata tapi awas ada durinya. 


Sesungguhnya pinjaman online itu membantu masyarakat mendapatkan dana segar dengan segera. Beragam alasan kenapa masyarakat melakukan pinjaman online karena 

  • Kebutuhan mendesak.
Kebutuhan mendesak membuat kita harus berpikir untuk mendapatkan  dana dengan segera . kebutuhan tersebut seperti biaya pendidikan anak di ajaran baru hingga biaya medis. 

Kebutuhan tersebut harus di penuhi dengan jangka waktu yang singkat. 

  • Kesulitan Ekonomi 
Setiap orang mempunyai kesulitan ekonomi yang berbeda misalnya seorang pengusaha butuh dana untuk modal usaha atau seorang pekerja yang baru kena PHK kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

  • Gadget 
Setiap tahun makin berkembang teknologi terutama gadget. Ada sebagian orang yang alasan utama membeli gadget terbaru karena gengsi. 

Padahal harga gadget terbaru boleh dikatakan cukup tinggi sehingga banyak orang yang mengambil jalan pintas untuk membeli gadget terbaru. 

  • Gali lubang tutup lobang .
Hal ini terjadi karena sudah terbiasa hutang dan kemudahan syarat mendapatkan hutang sangat mudah maka ketika dompet makin menipis maka kita bisa mengambil pengajuan pinjaman lebih dari satu aplikasi. 

  • Godaan. 
Godaan untuk ikutan pinjaman online sungguh sangat menggoda dan tak kenal waktu. contohnya saat main game ada iklan penawaran pinjaman online tanpa bunga dan bisa memberikan pinjaman yang cukup besar.

  • Tidak Membaca klausul perjanjian. 
Malas banget membaca klausul perjanjian pinjaman hal ini karena terlalu panjang dan terlalu banyak sehingga kita langsung centang sebagai tanda menyetujui perjanjian tersebut. 

Padahal kita perlu membaca dan memahami klausul terutama mengenai denda keterlambatan dan bunga. 

  • Penipuan Tanpa kita sadari 
Perilaku yang kita lakukan bisa menjerat kita masuk ke dalam pinjaman online. seperti yang baru ini terjadi Situbondo dimana warga bisa menembus minyak goreng seharga 5000 hanya selfie foto bersama KTP. 

dikhawatirkan foto selfie bersama untuk digunakan pengajuan pinjaman online. 

  • Periksa kredibilitas aplikasi pinjaman harus  terdaftar OJK
Sebelum mendownload aplikasi pinjaman online hendaknya memeriksa apakah pinjaman online tersebut termasuk legal dan terdaftar di OJK. 

Hal inilah cara mudah dan gampang agar kita tidak terjerat bunga pinjaman yang melilit. 

Perbedaan Pinjaman Online Legal dan Ilegal.


Sebagai orang awam, nauzubillah min zalik terjerat pinjaman online ilegal dimana kita harus membayar bunga yang berkali-kali lipat.   

untuk itulah Mpo menghadiri talk show sosialisasi otoritas jasa keuangan dan komisi IX DPR RI yang mengangkat tema bahaya penyalahgunaan data pribadi dalam pinjaman online yang diselenggarakan di Taman Benyamin Sueb pada tanggal 22 Juli 2024.   

Talk Show tersebut menghadirkan pembicara Agung Budi Prasetya, S.T, M.eng, PHD . Bapak Agung memaparkan menurut survei yang bersumber dari "Frederica Widyasari Dewi bahwa penguna pinjaman online  terbesar berprofesi sebagai guru".


yang lebih mirisnya lagi bahwa provinsi Jawa barat merupakan provinsi nomor satu pengguna pinjaman online sebanyak 4,7 juta orang dengan total pembiayaan 16,5 Triliun .   

Bahkan total pengguna pinjaman online menurut survei yang dilakukan hingga juni 2024 menyatakan ada 16 juta warga indonesia dengan total pembiayaan 63Triliun.

inilah ciri-ciri pinjaman online legal


inilah ciri-ciri pinjaman online ilegal. 



di akhir cerita ini Mpo mau berbalas pantun 

Pergi ke pasar minggu naik kereta api .
bayar tepat waktu agar utang pinjaman online cepat terlunasi

34 comments

  1. Amit2 jangan sampe kena pinj0L. Ngerii bunganya.
    Sedihnya kalo banyak guru yg kena ya. Semoga ga ada lagi korbannya. Kasihan.

    Semoga Mpok sehat dan sejahtera selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas doanya dan doa yang sama untukmu juga.

      Delete
  2. Barusan lihat di X, ada modus jual minyak goreng murah tapi harus menyerahkan foto selfie dengan KTP. Ngeri disalahgunakan ma pinjol. Masyarakat juga harus ditingkatkan literasinya.

    ReplyDelete
  3. Duh jauh-jauh deh tergoda jeratan pinjol, rayuannya doang semanis madu nti kalau udah terjerat mengobrak-abrik kehidupan kita ya mpok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bakalan disamperin dan di teror sama debt collector

      Delete
  4. Memang kita harus teliti dan selalu cek di OJK tentang pinjol ilegal supaya tidak terjebak yaaah. Semoga kita semua bisa lebih berhati-hati dan terbebas dari jeratan pinjol ilegal yaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamin tidak terjerat pinjaman online ilegal

      Delete
  5. Semoga dengan acara-acara kayak gini, makin banyak masyarakat kita yang melek informasi mengenai pinjaman online ya, sehingga tak mudah tergiur tawaran pinjol, apalagi yang ilegal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin tawaran pinjol seperti madu,manis banget. Kalau kebanyakan diabetes 🤣

      Delete
  6. Ngeri banget ya
    Fenomena pinjaman online ilegal ini marak di masyarakat
    Semoga dengan tips ini, masyarakat bisa terhindar dari pinjaman online ilegal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamin jauh jauh deh dari terjerat bunga yang melambung

      Delete
  7. Nah ini dia mpo. Kadang pinjol ini begitu menggiurkan. Banyak yg terlena di awal karena proses pinjam yang sangat mudah dan cepat tanpa dokumen penunjang lain selain KTP dan foto selfie. Ngeri banget ya kalau foto selfie kita dengan KTP disalahgunakan orang. Semoga tidak terjadi.

    Mirisnya yang terdampak pinjol kebanyakan guru.

    ReplyDelete
  8. Setuju banget!
    Kalau mau terhindar dari pinjaman online ilegal, salah satunya tuhs kudu cek secara berkala ke OJK!

    Dengan menuliskan di blog ini bisa jadi sarana edukasi juga, minimal di jaringan komunitas Blogger bisa terpapar ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek secara berkala memang perlu apalagi mau pinjam. Atau datang langsung aja ke mertua atau kakak kalau lagi bokek

      Delete
  9. Nah yang gali lobang tutup lobang ini perlu diwaspadai. Jangan sampe malah berencana tutup lobang eh ke pinjol ilegal. Harus hati²

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebiasaan ngutang hingga gali lubang tutup lubang

      Delete
  10. Memang kita harus hati hati agar tak terjerat dengan adanya pinjaman online ilegal. Dan bener deh lebih baik cek dulu jangan sampai terjerat pinjol ilehal

    ReplyDelete
  11. Memang meresahkan ini pinjaman online ilegal, apalagi banyak banget ini yang terjerat pinjol. Memang harus hati-hati sekali ya sama pinjol nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hari hari perlu nih agar tidak terjerat bunga yang besar.

      Delete
  12. Pinjol ini menurut aku bener2 berbahaya. Tetanggaku ada loh yang kena tipu. Dan bunga pinjol ini gede, telat bayar, eh orang2 yang dikenal yang ditagih. Ngeri sih menurut aku.

    ReplyDelete
  13. Pinjaman online ini bisa banget ngebantu kalau sedang bener-bener kepepet dalam hal keuangan. Tapi karena kini prosesnya makin gampang, jadi dimanfaatkan untuk hal-hal yang kurang penting. Sedih kalau sampai melibatkan circle-nya jadi merasa gak aman atau terancam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar proses makin gampang dan gampang cair bikin happy bagi yang lagi cekak

      Delete
  14. Duh mengerikan banget ya jeratan pinjaman online ilegal ini 😭 ternyata Wilayah Jawa Barat no 1. Ampun semoga kita semua semakin teredukasi dan bisa mencegah diri dari jeratan pinjman online ilegal yang berujung merugikan.

    Tiati emang terkait selfi bareng KTP, mengerikan impact nya. Jangan mudah tergiur diskon atau promo kalau mesti korbankan foto selfi bareng KTP.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang selfie bareng KTP harua tahu dulu buat apa jadi jangan asal cekrak cekrek

      Delete
  15. Semoga kita terbebs dari pinjaman online, mau legal atau ilegal. Insyallah kalau ada kesulitan ekonomi, biar tangan Tuhan yang membantu. Karena, jerat pinjol apalagi ilegal, mengerikan banget, ya.

    ReplyDelete
  16. Ya Allah semoga kita semua dijauhkan dari pinjol baik yang ilegal maupun yang legal, deh. Semoga kita semua diberi rezeki yang berlimpah dan halal, serta dijauhkan dari kefakiran aamiin.
    Paling sedih baca kasus guru korban pinjol apalagi ada yang sampai bunuh diri ajak2 keluarga yaa huhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Terima kasih atas doanya dan doa yang sama untukmu juga

      Delete
  17. Memang harus wajib tahu nih perbedaan pinjaman online yang legal dan ilegal. Apalagi sekarang iklan pinjaman online mondar mandir terus di medsos ya. Gak boleh mudah tergiur tanpa cek status pinjolnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iklan banyak banget apalagi saat main game

      Delete